Minggu, 15 April 2012

MARCHING BAND GITA NADA SHOLIHIYYAH


Istilah “DRUM BAND” dan “MARCHING BAND” tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Istilah drum band hanya digunakan di Indonesia, yaitu suatu kelompok orkes barisan musik yang lebih banyak memainkan alat pukul seperti snare drum, bass drum, toms, atau bellyra. Sedangkan pengertian marching band adalah sekelompok orkes barisan musik yang lebih banyak memainkan alat tiup seperti trumpet, trombone, baritone, tuba, atau marimba.
Menurut sumber wikipedia, orkes barisan telah dimulai sejak jaman purba sebagai kegiatan yang dilakukan oleh musisi secara bersama-sama untuk mengiringi sebuah acara resmi (upacara dll) atau festival dengan. Namun dengan berjalannya waktu dan pesatnya informasi yang ada, para musisi orkes barisan berusaha mengembangakan kreativitas nya. Mereka tidak hanya melakukan parade atau hanya mengiringi suatu acara resmi namun mereka dapat memainkan alat musik sambil bergerak membentuk pola.
Di Indonesia, drum band memiliki organisasi yang disebut PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) dimana organisasi ini menggabungkan kegiatan musik dengan berolah raga. Sedangkan marching band lebih memfokuskan pada permainan musik dan visual secara berimbang. Marching band lebih banyak mengadopsi nilai-nilai yang berkembang di barat seperti DCI (Drum Corps Internatinal).
Dengan berjalannya waktu ke waktu, praktek drum band dan marching band menjadi hampir tidak ada bedanya, dimana keduanya saling melengkapi satu sama lain. Coba kita ambil contoh, meski menggunakan alat drum band yang sederhana dimana anak-anak TK (Tingkat Kanak-kanak) mampu memainkan musik sambil membentuk sebuah pola dan tidak jarang mereka menggunakan alat-alat yang biasa digunakan oleh kelompok marching band.
Semoga, dengan banyaknya kompetisi di Indonesia seperti GPMB (Grand Prix Marching Band), IOMBC (International Open Marching Band Championship), HB CUP (Hamengku Buwono CUP), JORDY (Junior Drum Band Yogyakarta), DCI (Drum Band Cilik Indonesia) dan lain-lain, mampu merangsang gairah dunia drum band dan marching band di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar